Friday, March 18, 2016

IHSG 2016 Bullish Trap

IHSG Bullish Trap 2016 - Eka Santosa - Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengetauan saya yang masih sangat rendah. Jika pembaca memiliki pandangan lain mengenai presiksi IHSG 2016 dan 2017 silahkan tinggalkan komentar dibawah. Saya akan merasa sangat senang karena dengan begitu saya akan mendapatkan ilmu baru dan tentu akan menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk diri pribadi saya. Untuk dicatat prediksi ini hanyalah sebuah prespektif pribadi saya yang bisa saja memiliki hasil yang sangat berbeda. Sebelum saya melanjutkan menulis saya tegaskan bahwa segala prediksi yang saya buat berlaku DISCLAIMER ON.

Pendapat saya mengenai IHSG kali ini akan sangat bertentangan dengan kondisi market saat ini. Karena saat ini memang market sedang sumringah dan para pelaku pasar sangat optimis dengan kenaikan yang sedang terjadi. Banyak pakar menyatakan bahwa ketakutan terhadap kondisi market sudah selesai. Secara jangka pendek memang benar seperti itu adanya. Tetapi menurut saya untuk jangka panjang ketakutan besar belumlah dimulai. Untuk trading jangka pendek saja ini adalah sebuah peluang namun untuk trading long term atau investasi pelaku pasar harus mulai WASPADA.


Secara tehnikal saya melihat pemodal besar sedang melakukan distribusi barang yang mereka miliki. Dari chart diatas distribusi terjadi saat IHSG di 5000 hingga 5500. Memang benar saat ini inflow modal asing mulai masuk dan kemungkinan yang akan terjadi menurut saya dalam waktu dekat IHSG akan kembali ke 5200 hingga 5300. Dan setelah itu pemodal besar akan kembali mendistribusikan sisa barang yang sudah mereka miliki. Untuk jangka pendek ini kesempatan untuk meraih profit sebesar besarnya dan menemukan titik exit terbaik saat IHSG aka kearah 3000an. 

Selain secara technikal saya juga menganalisa pergerakan IHSG dimasa datang berdasarkan fundamental saat ini. Saat ini pemerintah melakukan expansi besar besaran dibidang insfratrukture. Pada kenyataanya hampir semua pembiayaan proyek konstruksi tersebut adalah hasil dari hutang. Hutang tersebut sudah banyak dibuat sebelum pemerintahan era jokowi ya lebih tepatnya saat pemerintahan SBY. Beberapa utang tersebut akan mulai jatuh tempo pembayaran pada tahun 2017 nanti, hal ini tentu akan sangat membebani pemerintah yang sedang berkuasa sekarang. Tentu pembangunan insfratruktur yang saat ini sedang dikebut pemerintah bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan laju yang lebih cepat. Jika itu berhasil tentu Amazing kata kata presiden bahwa ekomi akan meroket bisa terwujut. Namu jika pertumbuhan ekonomi tidak tumbuh sesuai harapan ada kemungkinan akan terjadi defauld pembayaran utang konstruksi, dan yang saya lihat apa yang terjadi dimarket saat ini adalah para pemodal besar sedang tidak optimis bahwa pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah saat ini tidak akan tercapi.

Saya memprediksi target IHSG 2016 akan mengarah kembali ke area 3000an. (trading)

No comments:

Post a Comment