Monday, March 21, 2016

Cara Cepat Mendapatkan Uang Muka Pembelian Rumah

Mendapatkan uang muka pebelian rumah - Eka Santosa - Rumah adalah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus bisa terpenuhi untuk semua orang. Namun saat ini rumah boleh dikatakan menjadi komoditi yang sangat mahal dan sangat sulit di jangkau bagi sebagian besar orang. Apa lagi bagi kebanyakan kaum pekerja yang memiliki gaji sangat minim dan hanya bisa menyisihkan sedikit sisa penghasilan saja, membeli rumah dirasa hanya sebatas impian saja. Menabung untuk membeli rumah itu sangat mustahil karena nilai tabungan selalu termakan inflasi dan harga rumah selalu melaju selangkah lebih cepat dari inflasi.

Kebanyakan orang yang ingin membeli rumah selalu terbentur pada uang muka. Sedangkan jika menabung uang saja untuk mendapatkan uang muka rumah secara nalar itu akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Disini saya akan mencoba memberi sebuah alternatif yang mungkin bisa dicoba untuk mendapatkan uang muka pembelian rumah. Memang cara ini butuh waktu tetapi menurut pengalaman yang saya alami waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat dan tentu tidak menambah beban ekonomi Anda. Bagaimana cara mendapatkannya.

Jika Anda adala orang yang memiliki pendapatan rendah dan hanya bisa menyisihkan uang  tabungan hanya ratusan ribu saja tiap bulan cara ini bisa dijadika alternatif. Ini cara kuno yang saya adopsi dari nenek moyang kita yang gemar mengumpulkan emas. Dengan jalan menabuh emas kita akan lebih cepat bisa mendapatkan uang muka untuk pembelian rumah.

Adapun beberapa alasan yang mendasari saya memilih menabung emas bukan menabung uang adalah. Yang pertama selama ini nilai emas tidak pernah termakan inflasi. Boleh dikatan pergerakan harga emas selalu mengikuti pergergerakan inflasi. Sederhananya harga emas selalu berbanding lurus dengan inflasi. Beda dengan tabungan walaupun tabungan menghasilkan bunga tetapai tabungan dikenai biaya administrasi dan pajak. Jika tabunga yang bisa Anda sisihkan tiap bulan adalah kisaran ratusan ribu saja uang itu lama kelamaan pasti akan menguap. Perhitungan sederhanya seperti ini jika kita menabung rata rata 200 ribu sebulan dipotong administrasi ditambah pajak 12 ribu tiap bulan makan selama setahun maka kita akan kehilangan uang 144 ribu pertahun itu sudah setara 1/4gram emas harga saat ini. Catatan emas yang kita beli ini adalah emas ANTAM 99,9% yang biasa dijual dipegadaian bukan emas perhiasan.

Dari ilustrasi diatas jika Anda memilih menabung emas untuk mendapatkan uang muka pembelian rumah itu tidak akan terjadi. Sebagai ilustrasi kebijakan pembelian emas di pegadaian saat ini. Saat kita membeli emas dengan cara kredit maka harga yang berlaku untuk cicilan adalah harga saat akad kredit. walaupun harga emas suatu saat naik hingga dua kali lipat. Inilah yang kita jadikan pengungkit dan merupakan cara cepat mengumpulkan uang muka untuk pembelian rumah. (mengatur uang)

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete